Aplikasi Online SIDa_RaKaT Untuk Perkebunan Berkelanjutan

Tenggarong- Dinas Perkebunan Kab. Kukar menggelar launching Aplikasi berbasis informasi yang di beri nama SIDa_RaKaT pada Selasa (27/10) yang lalu. Sistem Informasi Pendaftaran dan Kemitraan Perkebunan Berkelanjutan yang disingkat SIDa_RaKaT ini merupakan bagian dari project perubahan Pengembangan Kemitraan Usaha Perkebunan Berkelanjutan (BangMUs_Kebulan) yang dimentori oleh Sekretaris Daerah Kab. Kukar H. Sunggono Kasnu dan sebagai Project Leader Ir. H. Muhammad Taufik Kepala Dinas Perkebunan Kab. Kukar.

Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual zoom diikuti oleh 75 peserta dari berbagai unsur OPD Kab. Kukar yang terkait, Disbun Prov Kaltim, Perusahaan Besar Swasta (PBS),  Apkasindo Kukar, Gapki Kaltim, KTNA Kukar, Lembaga Koperasi, Kelompok Petani Pekebun, dan seluruh jajaran Disbun Kab. Kukar.

Taufik menjelaskan, penyediaan aplikasi ini dibuat agar memberikan kemudahan pelayanan serta memfasilitasi pendaftaran secara online untuk usaha budidaya perkebunan, penetapan pekebun plasma/mitra sesuai mekanisme yang berlaku di Pemkab Kukar serta membuka media diskusi online dalam rangka menciptakan dan mengembangkan perkebunan yang berkelanjutan di Kab. Kukar.

”Sejauh ini masih mengandalkan pelayanan secara tatap muka atau offline” sebutnya.

Pihaknya mengakui ada beberapa permasalahan disubsektor perkebunan yang terkait kemitraan usaha, yaitu jalinan kemitraan antara pelaku usaha perkebunan berskala kecil atau perkebunan rakyat  dengan perusahaan perkebunan besar belum berjalan sebagaimana yang diharapkan. Lemahnya posisi tawar pekebun dengan perusahaan besar/mitra sebagai akibat belum ada legalitas  usaha perkebunan dan pekebun belum terdaftar karena terkendala regulasi daerah yang mengatur tentang pendaftaran usaha perkebunan rakyat belum tersedia.

Mengacu pada minimnya pelayanan berbasis teknologi informasi secara online tercetuslah inovasi SIDa_RaKat demi mewujudkan pelayanan yang mudah, cepat, transparan dan efisien.

Para petani pekebun yang tergabung dalam Kelompok bisa langsung berkoordinasi dengan pihak UPT P3R di kecamatan masing-masing dan akan dibantu dalam aktivasi aplikasi pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Pemkab Kukar.

Sementara itu, Sunggono menegaskan tuntutan masyarakat terhadap adanya pelayanan yang cepat mudah dan efisien dari aparatur pemerintah semakin tinggi tidak terkecuali di Disbun Kukar. Dan dengan perkembangan teknologi informasi dan era digital dewasa ini, maka menjadi salah satu faktor yang mendorong terwujudnya hal tersebut.

“Dua dari output project perubahan ini adalah Peraturan Bupati Kutai Kartanegara tentang Pendaftaran Usaha Budidaya Tanaman Perkebunan dan Aplikasi Online SIDa_RaKaT.” tegasnya.

Melalui website https://disbun.kukarkab.go.id aplikasi http://sidarakat.kukarkab.go.id bisa diakses dengan mengikuti arahan layanan secara otomatis, mudah dan efisien. (sshk)